logo blog

Membuat Backlink Atau Link Building

Membuat Backlink Atau Link Building

Membangun Backlink atau Link Building.
Membangun Backlink atau Link Building
Hay sobat netters, berjumpa lagi dengan tulisan silva yang suka bikin bingung 😁. Dalam tulisan kali ini silva masih membahas soal Backlink (masih terobsesi dengan backlink soalnya 😜). Berbeda dengan tulisan silva yang kemarin tentang bagaimana cara mendapatkan backlink, disini silva akan membagikan cara untuk membangun, membuat atau menciptakan backlink untuk blog kita sobat netters. Emang apa bedanya mendapatkan dengan membangun? Kalau menurut silva sih beda sobat netters, kalau mendapatkan itu kan semacam hadiah yang diberikan orang lain dengan suka rela (rekomendasi), sedangkan membangun itu kita kudu usaha untuk mendapatkannya.
Jika dalam mendapatkan backlink kita tidak boleh berlaku curang, karena berakibat dibanned-nya blog atau website kita sama search engine atau mesin pencari, cara yang paling aman ya memang hanya dengan membuat artikel yang berkualitas sobat netters. Namun itu juga tidak mudah lho, apalagi buat sebuah blog baru kayak punya silva ini. Tentunya para blogger master atau para senior blogger yang udah lebih dulu eksis didunia maya ini enggan buat melirik artikel yang kita buat (apalagi merekomendasikan). Sedangkan untuk mendapatkan backlink berkualitas itu kita kudu dapet linknya dari blog atau website mereka lho sobat netters, kenapa? Ya karena tentunya blog mereka sudah memiliki nama dimata search engine atau mesin pencari sobat netters. Selain itu mereka juga sudah memiliki jumlah pengunjung yang banyak dan stabil. Tentunya link yang mereka berikan bisa berpengaruh besar terhadap trafik atau kunjungan ke blog atau website kita yang masih unyu2 ini lho sobat netters 😳.
Meski target kita dapet link yang berkualitas dari para blogger master nih sobat netters, menurut silva nih gak penting darimana backlink itu berasal (dari blog kecil sekalipun), yang terpenting bukan dari hasil spam atau nyampah. Seumpama nih ya sobat netters, artikel atau tulisan kita bermanfaat buat blogger newbie atau pemula, terus mereka menaruh link blog kita di blognya karena mereka merasa isi artikel kita bermanfaat, itu juga udah termasuk backlink, dan apa sobat netters mau menolaknya hanya karena blog mereka masih kecil? Tentu tidak kan? Toh mesin pencari sekarang udah semakin canggih, mereka mampu membedakan mana backlink spam dan mana backlink yang asli (meski belum berkualitas karena didapat dari blog kecil😁).
Jika blog atau website kita masih kecil, memang susah buat kita mendapatkan backlink. Meskipun susah bukan berarti gak mungkin lho sobat netters. Caranya ya dengan membangun sebuah backlink. Karena judulnya membangun jadi kita membutuhkan usaha ekstra sobat netters. Berikut ini beberapa tips ala silva buat membangun backlink :

Membangun Backlink Lewat Grup Media Sosial.
Nah ini sesuai dengan tulisan silva yang dulu tentang motivasi dan alasan silva ngeblog. Menggunakan akun media aosial untuk sesuatu yang lebih. Selain mempromosikan blog kita langsung di beranda media sosial kita, kita juga bisa lho memanfaatkannya untuk membangun backlink. Caranya masuk ke grup yang membahas sesuatu yang sesuai dengan isi dari blog kita. Lalu jika ada yang bertanya, dan diblog kalian ada jawabannya, jaqab pertanyaan tersebut dengan singkat, kemudian masukan link yang menuju artikel sobat yang merupakan jawaban pertanyaan tersebut. Walaupun kita sendiri yang menaruhnya, dan meski ditempatkan di kolom komentar, silva rasa itu bukanlah sebuah spam. Karena link tersebut merupakan rujukan jawaban dari si penanya.

Membangun Backlink Melalui Forum Tanya Jawab.
Cari forum yang sesuai dengan tema artikel di blog sobat, lalu daftar sebagai member. Jangan buru-buru menaruh link disitu, tapi aktif dulu sampa kalian dikenal dulu diforum tersebut. Jika udah dikenal mulai dah jadi penjawab dengan sesekali menyisipkan link sebagai rujukan jawaban pertanyaan seperti di grup media sosial diatas. Contoh sobat punya blog yang berisi tentang tips2 memasak. Cari forum yang berhubungan dengan memasak. Jika ada yang bertanya semisal "gimana sih caranya membuat rendang yang enak?" sobat bisa jawab "cari bahan2nya yang segar, terus bumbu yang komplit, untuk takaran dan cara memasaknya bisa baca disini (disini=link yang menuju artikel sobat soal memasak rendang). Dapet 1 backlink 😁.

Sepertinya dua itu dulu deh sobat netters yang silva tau. Jika nanti silva nemu lagi cara yang lain buat membangun backlink yang aman, akan silva tambahin deh tipsnya dilain waktu. Kurang dan salahnya silva mohon maaf. Kalau sobat netters ada ide lain yang bisa dipakai untuk membangun backlink dengan aman bisa dibagiin dikolom komentar 😊. Selamat mencoba sobat netters, semoga bermanfaat... Salam...

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

2 comments

Setuju dengan dua poin di atas. Apalagi yang nomor dua memang sangat efektif terlebih jika kita bisa diskusi di bagian awal diskusi selain backlink juga akan menjadi sumber traffic bagi blog kita.

Artiel di sini bagus bagus hanya saja mata saya merasa lelah ketika membaca artikel di sini karena pengaturan paragrafnya kurang di atur.
Kalau boleh minta tolong di perbaiki yach Mb Ery Sylviana agar saya bisa lebih nyaman untuk membaca di blog ini terimakasih.

Maaf kalau komentarnya tidak baik..
Salam Kenal Rendy Alviyanto

Klik smile untuk melihat kode emoticon